Menu

Fakultas Teknik

 

TEKNIK SIPIL (S-1)

Sasaran dan Keunggulan
Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan kemampuan mendesain rancang bangun kontruksi yang meliputi konstruksi gedung, jalan raya, dan bangunan air, serta mengorganisasi pelaksanaan pembangunan di bidang teknik sipil dan pembuatan laporan kerja.

Prospek
Lulusannya banyak dibutuhkan, baik di perusahaan swasta (industri, jasa, dan perdagangan) maupun pemerintah. Mereka dapat berkiprah sebagai civil engineer, civil supervisor, quality surveyor, pada perusahaan kontraktor, developer, maupun pabrikasi konstruksi, yang bergerak pada bidang perusahaan sumber daya air, geoteknik, dan teknik lingkungan.

TEKNIK KOMPUTER (D-3)

Sasaran dan Keunggulan
Menghasilkan lulusan ahli madya yang mempunyai integritas moral, kemampuan berkomunikasi yang baik dan berjiwa wirausaha serta ahli dalam bidang:

  • Merancang, membangun, mengelola dan memelihara sistem jaringan komputer
  • Melakukan troubleshooting dan maintenance pada jaringan komputer
  • Mendesain dan mengembangkan perangkat lunak dalam penyelesaian pekerjaan dibidang rekayasa perangkat keras dan jaringan komputer
  • Merancang sistem berbasis microprocessor
  • Merancang dan mengelola sistem keamanan jaringan

Prospek
Para lulusan banyak dibutuhkan diberbagai lingkupdengan kemampuan menangani pekerjaan sebagai teknisi di bidang jaringan komputer, troubleshooting dan maintenance serta rekayasa sistem mikro processor untuk bidang industri, wirausaha, lembaga pendidikan maupun lembaga penelitian.

Posisi Pekerjaan yang Tersedia:

  • Network Engineer
  • Network Administrator
  • Embedded System Engineer
  • Hardware Engineer/Hardware Technician
  • Technical Support
  • Network Security
  • Programmer
  • Junior Consultant

TEKNIK ELEKTRO (S-1 dan D-3)

Sasaran dan Keunggulan
Menghasilkan lulusan yang menguasai pemanfaatan otomasi sistem hardware berbasis Mikrocontoller, Programmable Logic Controller (PLC), dan Hybrid System. Menghasilkan lulusan yang menguasai pemanfaatan sistem software, teknologi komunikasi informasi, Soft, & Mobile Computing, dan multimedia. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa asing, menguasai aplikasi manajemen, bisnis atau kewirausahaan, dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara personal maupun manajerial.

Prospek
Terletak di kawasan industri JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) memudahkan akses cepat dan langsung untuk mahasiswa mencari kerja sehingga dapat kuliah sambil bekerja. Sudah sekitar 73,5% sejak jurusan elektro berdiri, lulusannya diserap industri sebagai analist control system engineer, ME supervisor, R&D staff, ME maintenance, management trainee dan executive operator, 15% berwirausaha dan sisanya berprofesi dalam bidang jasa, perdagangan di instansi pemerintah dan usaha lainnya sebagai contractor, electrical engineering consultant, dan instalatur.

TEKNIK MESIN (S-1 dan D-3)

Sasaran dan Keunggulan
Program studi D-3 Teknik Mesin dapat diikuti oleh lulusan SMU/SMK yang baru, yang sudah lama, maupun yang sudah bekerja dengan pilihan kelas pagi, kelas malam ataupun kelas shif bagi yang bekerja dengan sistem shift. Lulusan yang dihasilkan adalah Ahli Madya (A.Md) yang dapat melanjutkan pada program studi S-1 Teknik Mesin.

Program Studi S-1 Teknik Mesin dapat diikuti oleh lulusan SMU/SMK yang baru, yang sudah lama maupun yang sudah bekerja dengan pilihan kelas pagi kelas malam ataupun kelas shif bagi yang bekerja dengan sistem shift. . Lulusan yang dihasilkan adalah Sarjana Teknik (S.T) yang dapat melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi.

Keunggulan dari D-3 Program Studi dan S-1 Teknik Mesin antara lain sistem perkuliahan berbasis komputer multi media, sistem administrasi akademik, dan keuangan berbasis IT. Tersedia kelas shift bagi yang bekerja, Praktek Kerja Lapangan (PKL) di tempat-tempat industri, kurikulum yang relevan terhadap kebutuhan lapangan kerja dan perkembangan teknologi.

Prospek
Lulusan dapat berkiprah dalam industri sebagai supervisor, design engineer, automotive engineer, control system engineer, production staff dan semisalnya atau memilih menjadi technopreneur (Wirausahawan di bidang IPTEK).