Menu

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

 

ILMU ADMINISTRASI NEGARA (S-1)

Sasaran dan Keunggulan
Mengantarkan generasi penerus bangsa menjadi sarjana yang kompeten di bidang administrasi negara, yang memiliki keahlian kebijakan public dan manajemen public yang dibekali dengan kemampuan leadership, kecakapan berbahasa asing, kewirausahaan dan menjunjung tinggi etika serta nilai-nilai Islam.

Prospek
Di era liberalisasi ekonomi dan otonomi daerah sangat dibutuhkan analisis kebijakan public dan manajer organisasi public yang handal. Oleh karena itu, lulusan program studi ilmu administrasi negara dapat mengisi posisi di instansi pemerintah, BUMN/BUMD, lembaga penelitian, menjadi konsultan organiasasi, SDM dan kebijakan, Lembaga Swadaya Mayarakat, Media Masa, Ormas dan perusaahan swasta.

ILMU PEMERINTAHAN (S-1)

Sasaran dan Keunggulan
Mempersiapkan sarjana yang ahli di bidang pemerintahan dan memiliki skill dalam pengelolaan manajemen pemerintahan. Kurikulum di desain sesuai dengan dinamika dan tuntutan pasar serta kemampuan tambahan di bidang bahasa Inggris, komputer, kewirausahaan, keagamaan, dan lain-lain.

Prospek
Menghasilkan sarjana Ilmu Pemerintahan yang mampu menganalisis pengambilan keputusan pada lembaga-lembaga yang berorientasi publik dan menjadi motor penggerak di berbagai bidang pemerintahan.

PSIKOLOGI (S-1)

Sasaran dan Keunggulan
Menghasilkan tenaga ahli Psikologi yang handal, profesional mampu melakukan pengamatan, analisis dan interpretasi tingkah laku manusia sebagai bentuk layanan Psikologi yang didukung dengan kemampuan aplikasi komputer, bahasa Inggris, penelitian, jiwa entrepreneurship, dan nilai-nilai keislaman.

Prospek
Kebutuhan ahli Psikologi sangat besar meliputi Psikologi Industri (HRD, Konsultan SDM, Personalia, Trainer, Analisis Jabatan, dan lain-lain). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan (Konselor sekolah, Konselor anak dan remaja, Konselor keluarga), dan ahli Psikologi Sosial.

MANAJEMEN ADMINISTRASI NEGARA (D-3)

Sasaran dan Keunggulan
Mempersiapkan tenaga madya yang profesional di bidang adminstrasi dan perkantoran, baik di instansi pemerintah maupun swasta atau pengusaha yang terampil mengoperasikan komputer (design grafis, SPSS, MYOB, Joomla, Blogger, mengetik 10 jari, Hardware & software komputer, bahasa inggris, bahasa jepang, kearsipan, pola kerja terpadu, korespondensi, manajemen administrasi, leadership, Hipnoterapi, Public speaking serta menjadi wirausaha muda yang siap kompetisi dalam pasar kerja global.

Prospek
Seiring dengan perkembangan sektor industri, jasa dan perdagangan kebutuhan tenaga ahli madya mutlak diperlukan, posisi pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan manajemen administrasi antara lain : administrator, sekretaris, marketing, staff SDM, Personalia, General Affair, Keuangan, Accounting, Public Speaker, PNS, Praktisi, Perbankan, Praktisi perpajakan, Eksport, Import, serta mendirikan usaha mandiri (wirausaha).